♫ Tung ting Tung tik : Kenapa Doraemon dari Jepang?

0
Monday, September 30, 2013
Siapa yang ga tau Doraemon, tokoh fiktif robot berbentuk kucing yang baik hati dan gampang ditipu itu?
dari anak kecil hingga dewasa tau, di negeri asalnya aja sampe dibuatin museumnya. Asalnya dari negara Jepang, ya Jepang. Tapi kenapa? kenapa ga dari Indonesia??

Di dunia ini emang ga ada yang ga mungkin, tapi kenapa Doraemon itu bukan ciptaan orang Indonesia? mari gw ajak lo menganalisa alasan versi gw :

Cerita Doraemon muncul pada tahun 1969, katanya Doraemon itu lahir pada tahun 2112. Pada tahun 1969 Indonesia lagi ngapain hayo? sibuk ngejait celana cutbray? mungkin ya karena baru juga merdeka kita masih pada cari jati diri (macem ababil aja). Menurut pengamatan (dari google) waktu itu Indonesia terinfluence banget sama Amerika, dari musik-musiknya, gayanya, sampe ke komik-komiknya. Kebanyakan komiknya pada waktu itu bertemakan superhero seperti Gundala, Godam, dkk. Intinya, rakyat Indonesia lebih milih untuk mikirin pake celana apa ntar malem ketimbang berandai-andai tentang masa depan.


Nama Doraemon itu berasal dari kata Dora neko yang artinya Kucing lepas dan emon yang digunakan sebagai pelengkap nama anak laki-laki. Kalo pun dibuat versi Indonesianya kira-kira jadi Meongabang, soalnya emon yang gw tau itu sejenis laki-laki kemayu.

Alat-alat yang dimiliki Doraemon itu punya teknologi yang hebat. Jepang memang terkenal selalu lebih maju di bidang teknologi. Namun, sepertinya tidak cocok sama rakyat Indonesia karena di sini kita akan menemukan kesulitan Indonesia memiliki pemikiran lain. Contohnya baling-baling bambu, alat yang dipakai Doraemon dkk untuk terbang ke mana saja, di sini alat kaya gitu mana kepake, lah tar kalo ujan korslet ga? Ga bisa buat boncengan dong? turunnya kaki kiri apa kaki kanan dulu? Ada lagi pintu ke mana saja, ini perlu ketok-ketok dulu apa ga? trus kalo udah sampe, perlu diselotin apa ga? dan masih banyak lagi pemikiran-pemikiran kritis rakyat Indonesia lainnya.

Doraemon diutus untuk membantu seorang anak SD yang tentu punya temen anak SD juga. Kalo di sini anak SD seringnya diremehin dibatasi, "bisa apa sih? masih ingusan juga" walau semakin banyak anak SD yang meraih prestasi internasional.

Kurang lebih itu alasan-alasan yang gw temukan untuk #tanyacak " Kenapa Doraemon dari Jepang?" 

About the author

Menikmati setiap sentuhan pada lubang di antara ke dua mata.

0 comments :